Rabu, 09 Desember 2015

Bahaya Membersihkan Telinga Dengan Catton Bud

Bahaya Membersihkan Telinga Dengan Catton Bud
Anda mungkin sudah terbiasa membersihkan telinga menggunakan cotton buds (penyeka kapas). Meski kedengarannya baik dan berguna untuk memastikan agar telinga Anda tetap bersih, faktanya ternyata berbicara sebaliknya.

Kebiasaan membersihkan telinga dengan cotton buds justru akan membahayakan kesehatan telinga Anda. Mengapa? Berikut sejumlah alasan kenapa Anda tak perlu membersihkan telinga Anda menggunakan cotton buds.

1. Telinga Anda mampu membersihkan diri sendiri

Tidak seperti kebanyakan dari organ tubuh lainnya, telinga ternyata tidak perlu dibersihkan. Telinga sebenarnya adalah organ yang mampu membersihkan diri sendiri sehingga Anda tak perlu repot-repot membersihkannya.

Bahkan dokter sendiri telah menganjurkan untuk tidak menggunakan benda apapun, seperti pin rambut, kunci, klip kertas, pena atau pensil untuk membersihkan telinga Anda. Semua benda tersebut justru akan menimbulkan kerusakan parah pada telinga Anda.

2. Lilin telinga itu menyehatkan

 Banyak orang yang seringkali menggunakan penyeka kapas (cotton buds) untuk mengeluarkan lilin telinga (kotoran telinga) dan menganggap kebiasaan tersebut sudah tepat. Padahal, keberadaan lilin telinga tersebut sebenarnya sehat dan baik untuk lubang telinga.

Pasalnya, lilin telinga berfungsi melapisi bagian dalam telinga Anda dan melindunginya. Selain itu, lilin telinga juga memiliki sifat anti-bakteri yang mencegah telinga Anda terinfeksi dan membantu mengeluarkan air yang terlanjur masuk ke
telinga Anda.

Lilin telinga diproduksi oleh bagian dalam telinga Anda, menyerap kuman dan sel-sel kulit mati serta perlahan membuangnya keluar telinga. Bahkan, aktivitas berbicara dan mengunyah dapat meningkatkan produksi lilin di telinga Anda.

Dalam beberapa kasus, seseorang bisa saja memiliki terlalu banyak lilin di telinganya sehingga dapat mempengaruhi pendengaran dan menimbulkan rasa sakit di telinga. Hal ini dapat dengan mudah diatasi dengan berkunjung ke dokter spesialis THT. Di sana, Anda akan diberikan perawatan khusus untuk mengurangi lilin dengan menggunakan prosedur yang cepat, aman dan tidak sakit.

3. Penyeka kapas (cotton buds) dapat merusak telinga Anda

Setiap kali Anda memasukkan kapas ke dalam telinga, tidak hanya akan membawa kuman baru ke dalam telinga Anda, tetapi juga membuat lilin kembali masuk ke dalam telinga Anda.

Lilin yang seharusnya bisa keluar dengan sendirinya, terpaksa harus masuk kembali karena mendapat dorongan dari cotton buds. Alhasil, kuman dan kotoran yang seharusnya keluar terjebak kembali di dalam telinga.

Bahkan, kebiasaan buruk tersebut akan mempengaruhi gendang telinga Anda. Gendang telinga merupakan selaput tipis pada ujung saluran telinga yang sangat halus. Ketika Anda sedang asyik-asyiknya mengais kotoran di telinga Anda, Anda bisa saja secara tak sengaja merobek gendang telinga Anda.

Gendang telinga bisa pecah bahkan dengan hanya mendapatkan tekanan dari kapas yang berpotensi besar dapat membuat Anda kehilangan pendengaran. Meskipun gendang telinga Anda bisa sembuh, hal itu memerlukan waktu yang cukup lama dan terasa menyakitkan.



Sumber :
http://www.magwuzz.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar