Rabu, 06 April 2016

Menu Sehat Ibu Hamil

Menu sehat ibu hamil adalah menu makanan atau minuman yang banyak mengandung gizi. Menu tersebut banyak dijumpai pada makanan berikut ini :

1. Sereal

Saat wanita telah mengalami gejala kehamilan yaitu morning sickness, masalah akan muncul saat mengkonsumsi makanan sarapan. Betapa tidak, sarapan yang baru saja masuk ke dalam perut terasa ingin keluar sehingga menjadi malas makan, bahkan ada beberapa kasus dimana ibu hamil terasa mual pada saat mencium aroma makanan. Melihat keadaan itu, sareal merupakan makanan yang sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama di pagi hari. Sareal cocok dikonsumsi ibu hamil karena memiliki aneka rasa dan mengandung banyak mineral, karbohidrat, vitamin B dan kalsium.

2. Produk susu

Susu merupakan sala satu minuman yang sangat baik untuk ibu hamil karena kandungan nutrisi yang terdapat dalam susu dapat membantu pertumbuhan jaringan baru janin, membentuk otot janin, memperbaiki jaringan yang rusak serta memperlancar transportasi oksigen ke janin. Susu selain kaya akan kalsium juga mengandung protein dan mineral yang cukup tinggi sehingga mampu menunjang pertumbuhan serta perkembangan bayi. Susu kedelai juga termasuk produk susu yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi dan memiliki rasa yang enak.

3. Buah dan Sayur

Buah dan sayur sangat diperlukan oleh ibu hamil karena kandungan nutrisi didalamnya begitu dibutuhkan untuk kesehatan dan tumbuh kembang bayi. Vitamin C yang banyak terdapat pada buah jeruk diperlukan oleh ibu hamil untuk menjaga kekebalan tubuh dan menghindarkan janin dari infeksi tetentu. Zat besi yang banyak terkandung dalam sayur bayam juga diperlukan oleh ibu hamil untuk meningkatkan hemoglobin sehingga mencegah anemia atau kurang darah.

4. Ikan

Ikan merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung protein dan omega3 yang sangat diperlukan oleh janin. Akan tetapi perlu kiranya Anda berhati - hati dalam mengkonsumsi ikan, karena ada ikan tertentu yang mengandung merkuri sehingga mengganggu perkembangan janin. Ikan boleh dimakan oleh ibu hamil dalam keadaan matang, jangan mengkonsumsi ikan mentah sebab bisa meningkatkan kadar lemak jahat dalam tubuh.

5. Kacang-kacangan

Kacang - kacangan diperlukan oleh ibu hamil untuk membantu pekembangan sistem syaraf janin, karena banyak kacang - kacangan yang kaya akan asam folat. Asam folat sangat diperlukan oleh janin guna membentuk sistem syaraf dan menghindari bayi cacat. Kekurangan asam folat bisa mengakibatkan gangguan kehamilan seperti bayi cacat lahir, berat badan tidak normal dan lain - lain. Selain kaya akan asam folat kacang - kacangan juga bermanfaat sebagai sumber energi


6. Air dan Vitamin

Air dan vitamin diperlukan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan dan menangkal berbagai macam penyakit. Di awal kehamilan, ibu hamil biasanya mengalami mual muntah yang berakibat pada hilangnya banyak cairan tubuh. Oleh karena itu perbanyak minum dan makan makanan kaya vitamin. Ibu hamil juga bisa mengkonsumsi air putih yang diberi sari bah asli tanpa diberi gula.

Hal terpenting saat Anda mau menambah vitamin pendukung kehamilan adalah dengan berkonsultasi dulu dengan dokter. Mengapa demikian ? karena dokter lebih tahu tentang kondisi tubuh Anda dan lebih tahu tentang vitamin apa yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar